Kamis, 15 Januari 2015

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI II

~Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia~

Hey sob, setelah sebelumnya kita telah membahas tentang sistem informasi psikologi. kali ini kita coba membahas tentang arsitektur komputer dan struktur kognitif manusia yok. Pasti udah nggak pada asing deh denger kata-kata kalo komputer itu sama aja strukturnya sama otak manusia. Coba yok kita telaah lebih dalam lagi apa sih arsitektur komputer dan struktur kognitif manusia itu supaya kita lebih mengerti lagi.

PENGERTIAN ARSITEKTUR KOMPUTER

arsiktektur komputer adalah desain komputer yang meliputi set instruksi, komponen hardware, dan organisasi atau susunan sistemnya. Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Bagian penting pada Arsitektur Komputer terdapat dua bagian yang pokok yaitu:
instruction-set architecture (ISA)/ arsiktektur set instruksi.

ISA meliputi spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin akan berinteraksi dengan komputer
Hardware-system architecture (HAS)/ arsitektur sistem hardware.

HAS berkaitan dengan subsistem hardware utama komputer yang meliputi central processing unit (CPU)/ unit pemrosesan sentral, sistem penyimpanan, dan input-output (I/O) system. HAS mencakup desain logis dan organisasi arus data dari subsitem, dan oleh karenanya tingkat HAS yang luas akan menjadikan mesin dapat beroperasi secara efisien.

Dua element utama pada sistem komputer konvensional adalah
Memory
Processor

STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA

Berikutnya setelah kita membahas tentang arsitektur komputer, nah sekarang kita bahas tentang struktur kognisi manusia yok, sebelumnya, apasih yang dimaksud kognisi?. Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang di dapatkan dari proses berfikir tenteng seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau intelegensi.

Apa saja sih ilmu-ilmu yang mempelajari tentang kognisi??.

- psikologi,

- filsafat

- Neuroscience; kognisi ditinjau dari proses-proses syarafnya

- Ilmu Komputer; artificial intelligence, expert system, Melalui prinsip-prinsip kognisi, individu dapat memproses informasi secara efisien dan terorganisasikan dengan baik.

Untuk mengetahui struktur kognisi pada manusia dapat diketahui bahwa otak bekerja untuk mengolah suatu informasi yang diketahui baik dari lingkungan ataupun buku-buku, film ataupun yang lainnya agar menjadi sesuatu dalam bentuk baru dalam pemikirannya sesuai dengan pemahaman pribadi orang tersebut. Itu diketahui bahwa proses yang telah dilakukan setelah memperoleh pengetahuan/informasi baru otak memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa.

Menurut Flavell, Miller & Miller, struktur kognitif merupakan mental framework yang dibangun seseorang dengan mengambil informasi dari lingkungan dan menginterpretasikannya, mereorganisasikannya serta mentransformasikannya. Terdapat 2 hal penting yang harus diingat tentang membangun struktur kognitif, yaitu:

1. Individu terlibat secara aktif dalam membangun proses.

2. Lingkungan dimana individu berinteraksi penting untuk perkembangan struktural.

Struktur kognisi manusia dipelajari dalam bidang psikologi kognitif.

KAITAN ANTARA STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Setelah melihat beberapa penjabran tentang arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia diatas, pasti diantara keduanya memiliki keterkaitan, kira-kira apa saja kaitan yang ada didalamnya ya? Coba yok kita cari tahu…

Pertama, jika dicermati kembali diantara arsiktektur komputer dan struktur kognisi manusia awalnya menerima stimulus/informasi atau yang dapat disebut dengan (INPUT), setelah menerima informasi, lalu disimpan terlebih dahulu didalam memory/otak untuk dip roses atau dapat kita sebut (STORAGE), setelah proses input dan storage selesai, baik manusia ataupun komputer akan mengeluarkan tindakan/respon/hasil terhadap informasi yang diterima tersebut, pada tahap ini dapat kita sebut (OUTPUT).

Selain itu baik manusia ataupun komputer memiliki sesuatu yang dapat membuatnya mampu berpikir, pada manusia disebut dengan otak dan pada komputer disebut processor, serta keduanya memiliki memory untuk menyimpan informasi.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DIBANDINGKAN STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA

Bagaimanapun juga komputer merupakan sebuah alat yang diciptakan oleh manusia, tentu memiliki kelebihan serta kekurangan, kira-kira apa saja sih ya kelebihan dan kekurangan pada arsitektur komputer ?

- KELEBIHAN

1. Dapat menjalankan atau mengolah informasi lebih dari 1,2 ataupun lebih disaat yang bersamaan
Kecepatan saat mengolah informasi mencapai hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
Memiliki processor lebih dari satu

- KEKURANGAN

Tidak setiap saat dapat digunakan, memerlukan adanya daya listrik supaya dapat bekerja.
Untuk seseorang memiliki komputer dibutuhkan biaya yang tidak sedikit
Interface dengan pengguna masih menggunakan teks

CONTOH KASUS

Suatu saat ada seseorang yang sedang berjalan menuju pegunungan dengan menggunakan mobil, setelah terlihat pegunungannya saat masih perjalanan didalam mobil, orang tersebut mencoba untuk mengabadikannya dengan lukisan. Setelah pegunungan tersebut selesai digambar/dilukis, orang tersebut melihat/menatap lukisan tersebut dengan tersenyum dan menyimpannya untuk ditempelkan dikamar setelah pulang dari gunung. Ini sama saja saat seseorang tengah menggunakan komputer untuk mencari informasi, lalu saat dalam pencarian informasi tersebut ada sesuatu gambar yang menarik perhatiannya, untuk dapat menyimpannya dan menjadikannya tempelan didalam kamar, orang tersebut kemudian menyimpan kedalam memory komputer lalu di print yang hasilnya gambar tersebut dapat keluar dari komputer (layar) melalui printer.


Jawabannya adalah arsitektur komputer dan kognitif manusia sama sama memperlihatkan apa yang sudah dijelaskan diatas, yaitu input storage, dan output.

Input pada keduanya terlihat saat orang tersebut melihat pegunungan dan pada arsitektur komputer pada sesuatu gambar yang menarik.

Storage/proses pada keduanya pada saat orang tersebut menggambar pegunungan, dan pada aritektur komputer pada saat melakukan pemindahan gambar dan penyimpanan gambar ke memory.

Output pada keduanya disaat orang tersebut telah menyelesaikan gambarnya/lukisan pegunungan, dan pada arsitektur komputer pada saat gambar tersebut berhasil keluar dari layar/ di print.




Sumber : http://id.pdfsb.net/readonline/5a565a4164513534576e523843336c6c566b593d

http://id.pdfsb.net/search/?q=arsitektur+komputer&lng=id&pgs=10

http://id.pdfsb.net/readonline/595642446551352f56336439436e7468

http://edukasi.kompasiana.com/2014/09/17/definisi-kognisi-dan-pengertian-psikologi-kognitif-679588.html

http://rizkinurbaiti.blogspot.com/2013/10/tugas-2-arsitektur-komputer-dan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar