Jumat, 14 Oktober 2011

ILMU BUDAYA DASAR


NAMA:YULIANTO SADEWO

NPM: 17511651

KELAS : 1PA09

PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu budaya dasar merupakan ilmu yang berawal dari pergantian istilah “BASIC HUMANITIESM yang berasa dari bahasa inggris “the humanities”. Istilah humanities berasal dari bahasa latin yaitu humnus yang berartikan manusia , berbudaya dan halus. Agar manusia menjadi humanus manusia harus mempelajari ilmu humanisties dan juga tidak melupakan tugasnya sebagai manusia. Di Indonesia sendiri “BASIC HUMANITIESM” diubah menjadi “ILMU BUDAYA DASAR” yang beartikan dapat memberikan pengetahuan dan pengertian umum tentang konsep konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaannya.

Ilmu budaya dasar sendiri berbeda dengan ilmu budaya. Pengetahuan budaya sendiri mengkaji masalah nilai nilai manusia sebagai mahluk berbudaya, sedangkan ilmu pengetahuan dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

(SUMBER: http://www.anneahira.com/ilmu/ilmu-budaya-dasar.htm )

Ilmu budaya dasar sendiri menjadi salah satu mata kuliah dalam fakultas psikologi tidak hanya sosiologi dan antropologi. Dan ilmu budaya dasar sendiri di kelompokkan menjadi 3 kelompok besar oleh Prof. Dr.Harsya Bachtiar yang mengemukakan.

1.Ilmu-ilmu Alamiah (Natural Science)

Ilmu yang bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antar lain astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, mekanika-mekanika.

2.Ilmu-ilmu Sosial (Social Science)

Ilmu yang bertujuan untuk mengkaji keturunan-keturunan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dsb.

3.Pengetahuan Budaya (The Humanities)

Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Pengethuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencangkup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi kedalam berbagai bidang keahlian, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll.

(Sumber : http://maliqren.wordpress.com/2011/04/19/pengertian-ilmu-budaya-dasar/)

Ilmu budaya dasar sendiri memiliki tujuan agar para mahasiswa dapat dengan mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru yang baru saja di datanginya, dan juga agar para mahasiswa dapat berfikir secara kritis tentang realita kehidupan yang terjadi pada lingkungan sekitarnya.

Dan juga para mahasiswa dapat memandang budaya budaya yang ada di sekitarnya dengan penuh perhatian, dan juga dapat melakukan atau menjalan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan keahliannya.

Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memilki satu bekal yang sama, pars akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.

Ilmu budaya dasar pun memiliki ruang lingkup dalam pembahasannya.

Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditentukan diatas, dua masalah pokok bisa dipakai sebagi bahan pertimbangan untuk menentukan niang lingkup kajian mata kuliah Ihnu Budaya Dasar. Kedua masalah pokok itu ialah :

Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( The Humanities ), baik dari segi masing-masing keahlian ( disiplin ) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.

Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam, sosial dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, akan tetapi juga ketidak seragaman yang diungkapkan secara tidak seragam, sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk dan coral: ungkapan, pikiran, dan perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.

Menilik kedua masalah pokok yang bisa dikaji dalam mata kuliah Ilmu Budaya. Dasar tersebut di atas, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak sebagi subyek akan tetapi sebagai obyek pengkajian . Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dengan Tuhan menjadi tema sentral dalam Bmu Budaya Dasar.

Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah : Manusia dan cinta kasih, Manusia dan keindahan,Manusia dan penderitaan,Manusia dan keadilan,Manusia dan pandangan hidup,Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian,Manusia dan kegelisahan,serta Manusia dan harapan.

Kedelapan pokok bahasan itu tennasuk dalam karya-karya yang terccakup dalam pengetahuan budaya. Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam karya sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya. Masing-masing pokok bahasan dapat didekati dengan baik menggunakan cabang-cabang pengetahuan budaya secara sendiri-sendiri maupun secara gabungan cabang-cabang tersebut.Pokok bahasan manusia dan cinta kasih misalnya, dapat didekati dengan menggunakan karya seni sastra, atau filsafat atau seni tan dan sebaginya. Disamping itu pokok bahasan manusia dan cinta kasih juga dapat didekati dengan menggunakan gabungan karya seni sastra, karya seni tan, atau filsafat dan sebagainya.

(SUMBER: http://dimazmarham.blogspot.com/2010/04/pengertian-ilmu-budaya-dasar.html)

Jika dilihat dari aspek aspek yang telah telaah di atas ilmu budaya dasar sendiri telah mencakup banyak pola pemikiran serta sangat penting untuk kehidupan manusia, tak dapat dipungkiri lagi bahwa manusia memiliki masalah dalam hidupnya, dan untuk menyelesaikan atau meperkecil suatu masalah manusia pun diharapkan mengetahui ilmu budaya dasar tersebut. Disamping itu agar mahasiswa juga dapat memperhatikan norma-norma yang membantu pendidikan. Walaupun penyusunan semacam itu diharapkan untuk mendekatkan dengan penalaman mahasiswa, masih terbuka kemungkinan untuk menyusaikan dengan kondisi tempat belajar atau daerah setempat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar