Kamis, 20 Oktober 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH


NAMA:YULIANTO SADEWO

NPM: 17511651

KELAS : 1PA09

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Manusia diciptakan di oleh Tuhan.YME lebih sempurna dari mahluknya ciptaanNYA yang lainnya. Karna manusia memiliki akal,pikiran,perasaan serta nafsu. Dan dengan dimiliki perasaan oleh manusia tak heran jika manusia ada yang mencitai pasangan hidupnya dan juga membenci salah seorang dari orang di sekitar lingkungannya. Yang akan kita bahas disini manusia dan cinta kasih. Serta Tuhan menciptakan mahluknya secara berpasangan, ada kiri kanan, atas bawah, depan belakang, dan tak lupa pria wanita untuk melengkapi cinta kasih dalam kehidupan ini.

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta, Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluamya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata. (Sumber: http://yudhayuwana.wordpress.com/2011/02/24/manusia_dan_cinta_kasih/)

Tak ada satupun manusia yang tidak pernah mencitain dan mengasihi lawan jenisnya sepanjang hidupnya. Pasti rasa cinta tumbuh dengan memberi perhatian yang besar terhadap pasangannya, dan selalu mengasihi pasangannya. Tak heran jika pasangan muda yang masih hangat-hangatnya dalam menjalin hubungan terlihat sangat romantis yang kalo kemana mana selalu bersama tak pernah tertinggal diantara satunya

Cinta kasih yang diberikan manusia kepada pasangannya tak boleh lebih besar cinta kasih manusia terhadap TuhanNYA. Cinta kasih tak hanya dapat di berikan kepada sesama manusia dan Tuhan. Tetapi alam dan binatang berhak mendapatkan cinta kasih dari manusia.

Sedangkan cinta kasih manusia kepada alam atau lingkungannya terwujud dalam bentuk menjaga lingkungan, menciptakan keserasian, keselarasan, keseimbangan dengan alam lingkungan sehingga dapat tercapai kehidupan yang aman dan tentram. Cinta kasih manusia kepada dirinya sendiri terwujud dalam bentuk menjaga dirinya sendiri unsur-unsur yang terdapat dalam cinta adalah simpati seperti kenal, tahu, pengertian, dan perhatian. dan emosi seperti pengorbanan, tanggung jawab, saling menghormati dan kasih sayang. Cinta kasih terjadi apabila perasaan simpati antara 2 subjek saling mengisi dan melengkapi sehingga terjadilah dinamika cinta. Setiap makhluk hidup memerlukan cinta dan kasih. Karena cinta dan kasih merupakan keperluan fundamental setiap makhluk hidup. Tanpa kita sadari dalam diri manusia terdapat cinta kasih. Emosi ini terjadi antara kita dan orang lain bahkan dengan ketidak sengajaan. Bahkan emosi ini juga terjadi antara manusia 1 kepada manusia lainnya yang belum kenal. (Sumber: http://yudhayuwana.wordpress.com/2011/02/24/manusia_dan_cinta_kasih/)

Menurut Erich Fromm (1983:54) dalam bukunya Semi Mencintai mengemukakan tentang adanya macam macam cinta, yaitu: 1. Cinta Persaudaraan, diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cinta persaudraan tidak mengenal adanya batas – batas manusia berdasarkan SARA. 2. Cinta Keibuan, kasih sayang yang bersumber pada cinta seorang ibu terhadap anaknya. 3. Cinta Erotis, kasih sayang yang bersumber dai cinta erotis (birahi) merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesunguhnya. Namun, bila orang yang melakukan hubungan erotis tanpa disadari rasa cinta, di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang. 4. Cinta Diri Sendiri, yaitu bersumber dai diri sendiri. CInta diri sendiri bernilai positif jika mengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmani dan rohani. (Sumber: http://ipulord.blogspot.com/2010/10/ilmu-budaya-dasar-manusia-dan-cinta.html).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar